Sabtu, 16 Oktober 2010

Renault 5 Generasi Pertama (1972-1984)

Renault Generasi pertama (1972-1984)

renault 5 generasi pertama 1972Renault 5 diperkenalkan pertama kali kepada publik bulan Januari 1972. Ini adalah Renault pertama yang masuk ke pasar mobil “supermini”. Keunggulan utama dari mobil ini adalah “style”nya, yang dirancang oleh Michel Boue dengan “steeply sloping rear hatchback”, “front fascia” dan “taillights” (lampu belakang) dengan model yang unik yaitu memanjang dari bumper naik sampai ke pilar “C”. Sayangnya Michel Boue tidak sempat menyaksikan “launching” mobil ini karena tutup usia beberapa saat sebelum mobil di rilis.
renault 4Walaupun rancangannya baru, Renault 5 menggunakan basis dari “Renault 4”, yaitu menggunakan “longitudinally-mounted engine” yang menggerakkan roda bagian depan. Mesinnya type OHV, yang juga digunakan pada Renault 8 dan Renault 12, dengan kapasitas dengan kapasitas berkisar dari 850 s/d 1400 cc yaitu :

.
.
.
  • B1B 0,8 L (845 cc/ 51,6 cu in) 8-katup I4, 36 PS (26 kW; 36 hp); top speed: 120 km / h (75 mph)
  • C1C (689) 1.0 L (956 cc / 58,3 cu in) 8-katup I4, 42 PS (31 kW; 41 hp); top speed: 130 km / h (81 mph)
  • C1E 1,1 L (1.108 cc/67.6 cu in) 8-katup I4, 45 PS (33 kW, 44 hp); top speed: 135 km / h (84 mph)
  • 810 1,3 L (1.289 cc/78.7 cu in) 8-katup I4, 55 PS (40 kW; 54 hp); top speed: 140 km / h (87 mph) (otomatis)
  • 810 1,3 L (1.289 cc/78.7 cu in) 8-katup I4, 64 PS (47 kW; 63 hp); top speed: 151 km / h (94 mph)
  • C1J (847) 1.4 L (1.397 cc/85.3 cu in) 8-katup I4, 63 PS (46 kW; 62 hp); top speed: 142 km / h (88 mph) (otomatis)
  • C2J 1.4 L (1.397 cc/85.3 cu in) turbo 8-katup I4; 110 PS (81 kW; 108 hp); top speed: 185 km / h (115 mph); 0-100 km / h (62 mph): 9,1 s
Selain mesin, bagian suspensi juga mengadopsi dari Renault 4, yaitu menggunakan “torsion bar”.
Renault 5 interiorAda keunikan lain dari Renault 5 produksi awal, tuas persenelingnya (shift gear) menggunakan “idiosyncratic dashboard-mounted gearshift” yaitu tuas perseneling yang dipasang pada dashboard. Gaya ini memang merupakan ciri khas dari beberapa mobil-mobil produksi perancis pada jaman itu. Ciri khas lainnya adalah gagang pintu, yang dibentuk hanya dari “cut out” (coakan) pada panel pintu dan pilar “B”.
Sejak produksi model pertamanya, Renault 5 mengalami banyak perubahan antara lain :
  • 1973 : Tuas perseneling (shift gear) pindah dari panel kontrol ke lantai, diantara kursi depan. Pada R5 TL ditambahkan “heated rear window”
  • 1974 : Versi awal dari R5 LS. Sama seperti R5 TL, tuas perseneling di lantai, Velg stylish, lampu depan iodine H4, electric windscreen washer , lantai berkarpet sepenuhnya pada bagian depan dan belakang, electronic rev counter, sistem ventilasi dengan dua kecepatan, asbak berlampu (illuminated ashtray) dengan dengan pemantik rokok.
  • 1975, Maret : R5 LS diganti menjadi R5 TS TS memiliki semua fitur LS sebelumnya, ditambah kursi depan baru dengan sandaran kepala, bumper hitam, panel heater berlampu (illuminated), spoiler depan, wiper belakang, jam, lampu pada bagasi belakang dan lampu mundur.
  • 1976, Februari : Versi awal dari R5 GTL. Mesin yang digunakan mempunyai kapasitas 1289 cc (meskipun “power”nya berkurang menjadi 42bhp). Perlengkapan nyaris sama dengan R5 TL, strip pelindung sisi (side protection strip) berwarna abu-abu. Dan beberapa fitur dari R5 TS seperti : velg stylish, lampu mundur , pemantik rokok, panel pemanas, washer elektrik untuk kaca depan.
  • 1977: Diproduksi versi awal dari dari R5 Alpine (dikenal sebagai Renault Gordini di inggris), mirip dengan R5 TS dengan mesin 1.397 cc ruang pembakaran hemispherical , rasio kompresi yang tinggi dan & 5-speed manual gearbox. Modelnya glamor dengan sentuhan sporty.
  • 1977: diproduksi versi R5 GTL dengan “rear quarter lights”.
  • 1977: R5 L mendapat mesin 845cc baru.
  • 1978: Diproduksi versi awal dari R5 Otomatis. Sama dengan R5 GTL, tapi dengan mesin kapasitas 1289cc (55bhp), transmisi otomatis 3-speed, atap vinil dan kursi depan dari TS.
  • 1980: Diproduksi Renault 5TL- 5pintu, GTL dan model transmisi Otomatis
  • 1982: Produksi awal dari R5 TX.
renault-5-turbo-79Selain itu versi standar, pabrikan Renault juga mengembangkan versi sport yaitu Renault 5 Turbo. Pada awalnya dibuat untuk Rally tetapi akhirnya dijual juga untuk penggunaan umum. Model ini adalah merupakan modifikasi chassis dan mekanis dari Renault 5 versi standar. Mesinnya adalah “Cleon turbocharged kapasitas 1397cc, yang di pasang ditengah (mid mounted engine) tepatnya dibagian belakang pengemudi. Mesinnya sanggup memngeluarkan daya hingga 160 PS (118 kW; 158 hp)
renault 5 turbo400 unit produksi pertamanya dibuat untuk memenuhi homologasi Group 4 (tidak dijual umum), disebut sebagai Renault Turbo 1. Versi keduanya adalah Turbo 2,dengan perbedaaan utamanya adalah penggunaan “light alloy Component” pada beberapa bagian. Akibatnya harga Turbo 2 menjadi lebih mahal, tetapi kemampuannya hanya berbeda tipis dengan Turbo 1.
renault 5 wrc rally monte carloDikendarai Jean Ragnotti, R5 Turbo ini  berhasil memenangkan Rally Monte Carlo untuk balap pertama di World Rally Championship . Walaupun Turbo 2WD R5 harus menghadapi persaingan dengan mobil-mobil 4WD model baru yang lebih cepat pada track tanah, namun R5 Turbo dengan penggerak 2WD tetap menjadi yang tercepat di di track aspal.
Renault 5 Turbo yang dibuat dalam banyak versi (R5 alpine turbo, R5 Turbo1, R5 Turbo2,dll) , tetapi yang tinggi kemampuannya adalah Renault 5 Turbo Maxi. Mobil ini memiliki output hingga 400 bhp (298 kW; 406 PS), walaupun hanya dengan sedikit modifikasi pada mesin asli Renault 5 yang mempunyai kapasitas 1397 cc .
Renault 5 Societe adalah Renault 5 versi “van”. Kendaraan jenis ini dibuat tanpa kursi belakang dengan kabin luas untuk keperluan komersial seperti pengangkutan barang.
Bersambung…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar